Pages

Jumat, 06 Mei 2011

Kuliah di luar negeri? Why not???


         ‘Kuliah di luar negeri?’ Wow, tentu kalimat itu mungkin terlalu tinggi atau lebih dibilang cuma angan-angan belaka. Yap, memang kuliah di luar negeri diperlukan kesiapan yang matang dan tentunya biaya yang tidak murah, kecuali kalau dapat beasiswa. Tapi sepertinya kalau kita memang benar-benar ingin mewujudkannya sepertinya tidak terlalu sulit. Ya, setelah aku baca di tabloid Rangking #1 edisi 2 Mei 2011 sepertinya langkah-langkahnya cukup mudah.
         Langkah awal adalah mencari informasi tentang universitas yang diinginkan dengan cara online. Peringkat universitas di dunia versi Quacquarelli Symonds bisa jadi acuan untuk memilih universitas tersebut. Setelah cari informasi, kalian juga perlu untuk mendownload buku panduan masuk universitas itu atau mengunjungi stan pameran pendidikan.
         Kalau udah nentuin universitas yang dipilih, mulailah kontak dengan petugas di universitas tersebut untuk menanyakan hal yang belum jelas dan syarat-syarat yang perlu. Setelah mantap dengan pilihan universitas dan jurusan , segera kirim aplikasi online sesuai petunjuk. Aplikasi yang dikirim berupa aplikasi akademik dan visa student. Sebelumnya, minta sekolah menerbitkan ijazah dan transkrip nilai verse bahasa Inggris dan minta surat rekomendasi dari sekolah.
        Jika sudah diterima, segera browsing tempat akomodasi dengan menyesuaikan anggaran keuangan sesuai kemampuan. Disarankan juga untuk berada di tempat akomodasi di luar negeri dua minggu sebelum kuliah dimulai. Terakhir, kuliah di luar negeri harus didasari pertimbangan yang matang, karena disana menuntut seseorang banyak melakukan penelitian dan banyak tugas yang harus dikerjakan dan pastinya harus bisa berbahasa inggris.
So, mau pilih mana? Kuliah di luar negeri atau lebih milih kuliah di tanah air tercinta ini? Keputusan ada di tangan Anda. Selamat mencoba ... ^.^

PERINGKAT PERGURUAN TINGGI DI DUNIA VERSI QS
1. UNIVERSITY OF CAMBRIDGE
2. HARVARD UNIVERSITY
3. YALE UNIVERSITY
4. UCL (UNIVERSITY COLLEGE LONDON)
5. MASSACHUSETTS INSTITUTE OF TECHNOLOGY

PERINGKAT PERGURUAN TINGGI DI ASIA VERSI QS
1. UNIVERSITY OF HONGKONG
2. THE HONGKONG UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY
3. NATIONAL UNIVERSITY OF SINGAPORE (NUS)
4. THE CHINESE UNIVERSITY OF HONGKONG
5. THE UNIVERSITY OF TOKYO

0 komentar:

Posting Komentar